RPP Matematika K13 Kelas 4 SD Semester 2 Revisi Terbaru Lengkap

Revisi RPP Matematika K13 Kelas 4 SD Semester 2 Revisi Terbaru Lengkap ini merupakan bagian yang dapat dijadikan referensi untuk rekan guru yang sedang mengimplementasikan kurikulum 2013, dengan harapan agar bisa bermanfaat bagi rekan guru semua dalam pelaksanaan kurikulum 2013 di sekolah-masing-masing.


Contoh RPP Matematika K13 Kelas 4 SD Semester 2 Revisi Terbaru Lengkap
A. TUJUAN
  1. Siswa mampu memahami data yang akan disajikan dalam bentuk diagram batang
  2. Siswa mampu menjelaskan data yang akan disajikan dalam bentuk diagram batang
  3. Siswa mampu menafsirkan data yang akan disajikan dalam bentuk diagram batang
  4. Siswa mampu mengidentifikasi data yang akan disajikan dalam bentuk diagram batang
  5. Siswa mampu mengumpulkan data dengan salah satu teknik wawancara.
  6. Siswa mampu membuat diagram batang dari data-data yang telah dikumpulkan dan mempresentasikan.
B. KOMPETENSI INTI 
  1. Menerima, menjalankan, dan menghargai ajaran agama yang dianutnya. 
  2. Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, guru, dan tetangganya. 
  3. Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati [mendengar, melihat, membaca] dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah, sekolah, dan tempat bermain.
  4. Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas, sistematis, dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.
C. KOMPETENSI DASAR DAN INDIKATOR
Muatan: Matematika
3.11 Menjelaskan data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang
4.11 Membaca data diri peserta didik dan lingkungannya yang disajikan dalam bentuk diagram batang


D. MATERI
  1. Data dan Diagram
E. PENDEKATAN & METODE
Pendekatan : Scientific
Strategi : Cooperative Learning
Teknik : Example Non Example
Metode : Penugasan, Pengamatan, Tanya Jawab, Diskusi dan Praktek

F. KEGIATAN PEMBELAJARAN 
Kegiatan : Kegiatan Pendahuluan
Deskripsi Kegiatan
  1. Guru memberikan salam dan mengajak berdoa menurut agama dan keyakinan masing-masing,
  2. Melakukan komunikasi  tentang kehadiran siswa.
  3. Mengajak berdinamika dengan tepuk kompak dan lagu yang relevan
  4. Guru memberi motivasi dan kegiatan untuk menambah konsentrasi belajar siswa
  5. Guru menyiapkan fisik dan psikhis anak dalam mengawali kegiatan pembelajaran serta menyapa anak.
  6. Guru mengulas kembali materi yang disampaikan sebelumnya
  7. Menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dilakukan pada hari ini
Kegiatan : Kegiatan Inti
A. Mengamati
  1. Siswa mengamati penjelasan guru tentang arti data, cara mengambil data dan cara membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang.
B. Menanya

  1. Guru memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya tentang materi yang telah disampaikan oleh guru
  2. Siswa menanyakan penjelasan guru yang belum di paham.
  3. Guru menjelasakan pertanyaan siswa

 C. Menalar
  1. Siswa mencoba berdiskusi dengan temannya tentang data yang disajikan alam diagram batang
  2. Guru menunjuk beberapa siswa untuk maju dan menjelaskan hasil diskusi tentang data yang disajikan dalam diagram batang
  3. Guru membimbing dan memberikan pembenaran apabila terdapat kesalahan pada siswa
  4. Guru menyatakan bahwa siswa telah paham tentang kegiatan yang akan dilakukan

 D. Mencoba
  1. Guru memberikan beberapa soal kepada siswa untuk membaca data yang telah disajikan dalam bentuk diagram batang
  2.  Guru meminta siswa untuk mengerjakan soal tersebut
  3. Guru menunjuk bebrapa siswa untuk menuliskan hasil pekerjaanya didepan kelas secara bergantian
E.    Mengkomunikasikan
  1. Siswa mempresentasikan secara lisan kepada teman-temanya tentang membaca data yang disajikan dalam bentuk diagram batang
  2. Siswa menyampaikan manfaat belajar data dan diagram yang dilakukan secara lisan di depan teman dan guru
Kegiatan : Kegiatan Penutup
Deskripsi Kegiatan
  1. Guru memberikan penguatan materi tentang membaca data yang disajikan kedalam diagram 
  2. Guru mengapresiasi hasil kerja siswa dan memberikan motivasi untuk menambah semangat belajar siswa 
  3. Guru menyampaikan pesan moral hari ini dengan bijak
  4. Salam dan do’a penutup.

G. SUMBER DAN MEDIA
  1. Buku Pedoman Guru Tema 4  Kelas 4 dan Buku Siswa Tema 4 Kelas 4 (Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013, Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, 2016).
  2. BSE KTSP
  3. Papan tulis
  4. Software Pengajaran  kelas 4 SD/MI dari JGC

H. PENILAIAN

Penilaian terhadap proses dan hasil pembelajaran dilakukan oleh guru untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi peserta didik. Hasil penilaian digunakan sebagai bahan penyusunan laporan kemajuan hasil belajar dan memperbaiki proses pembelajaran. Penilaian terhadap materi ini dapat dilakukan sesuai kebutuhan guru yaitu dari pengamatan sikap, tes pengetahuan dan praktek/unjuk kerja sesuai dengan rubrik penilaian sebagai berikut;


Butir soal;

1. Bacalah diagram berikut !
Data siswa baru SD Sukamaju tahun 2015

Catatan Guru 
1. Masalah :………. 
2. Ide Baru :……….. 
3. Momen Spesial :………….


Download RPP Matematika K13 Kelas 4 SD Semester 2 Revisi Terbaru Lengkap






Post a Comment

0 Comments