Buku Guru K13 Kelas 3 SD/MI Semester 2

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Buku tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 3 SD/MI semester 2 ini ini terdiri atas 4 tema, yaitu Cuaca, Energi dan Perubahannya, Perkembangan Teknologi, dan yang terakhir adalah Praja Muda Karana.

Dalam setiap subtema terdiri atas beberapa kegiatan pembelajaran dan diberikan refleksi dengan ikon “Sekarang Aku Bisa” di setiap akhir subtema. Melalui refleksi ini diharapkan siswa mampu mengukur sendiri kompetensi yang telah dikuasainya setelah mengikuti proses pembelajaran selama 1 subtema.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 ini mengadopsi pendekatan tematik terpadu dalam setiap pembelajaran. Pemilihan pendekatan tematik terpadu dipilih dengan beberapa pertimbangan.
  • Pertama, sesuai perkembangannya lebih mudah memahami pengetahuan faktual, diajak melalui tema-tema siswa dapat diajak mengikuti proses pembelajaran transdisipliner di mana kompetensi yang diajarkan dikaitkan dengan konteks siswa dan lingkungannya.
  • Kedua, melalui pendekatan tematik terpadu, pembelajaran multidisipliner-interdisipliner dapat diwujudkan sehingga tumpang tindih antarmateri pembelajaran yang selama ini terjadi dapat dihindari demi tercapainya efisiensi materi pembelajaran dan efektivitas penyerapannya oleh siswa.

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 ini menjabarkan tentang proses kegiatan pembelajaran yang akan membantu siswa dalam mencapai setiap kompetensi serta dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh.

Harapannya agar proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dapat melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.

Proses kegiatan pembelajaran tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 3 SD/MI semester 2 tersebut juga tak bisa lepas dari peran seorang guru, dimana peran seorang guru sangat penting dalam mengembangkan, meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa sehingga guru dapat mengembangkan metode-metode yang ada atau terbarukan dan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi peserta didik di sekolah masing-masing.

Tentang Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Buku guru tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 3 SD/MI semester 2 ini disusun agar siswa mendapat gambaran yang jelas dan rinci dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran yang meliputi:
  1. Jaringan tema yang memberi gambaran kepada guru tentang suatu tema yang melingkupi beberapa Kompetensi Dasar (KD) dan indikator dari berbagai mata pelajaran. 
  2. Kegiatan pembelajaran tematik terpadu untuk menggambarkan kegiatan pembelajaran yang menyatu dan mengalir. 
  3. Pengalaman belajar yang bermakna untuk membangun sikap dan perilaku positif, penguasaan konsep, keterampilan berpikir saintifik, berpikir tingkat tinggi, kemampuan menyelesaikan masalah, inkuiri, kreativitas dan pribadi reflektif. 
  4. Berbagai teknik penilaian siswa. 
  5. Informasi yang menjadi acuan kegiatan remedial dan pengayaan. 
  6. Kegiatan interaksi guru dan orang tua, yang memberikan kesempatan kepada orang tua untuk ikut berpartisipasi aktif melalui kegiatan belajar siswa di rumah. 
  7. Petunjuk penggunaan buku siswa.

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan pembelajaran pada buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 3 SD/MI semester 2 ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Melalui aktivitas peserta didik yang bervariasi guru dapat:
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya. 
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan). 
  3. Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari. 
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep. 
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi.
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari. 
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.


Penggunaan Buku Guru Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Buku Guru K13 Kelas 3 SD/MI Semester 2 memiliki dua fungsi penggunaan, yaitu sebagai petunjuk penggunaan buku siswa dan sebagai acuan guru dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran di dalam maupun di luar kelas.


Peran Orang Tua

Orang tua diharapkan untuk mampu berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar anak ketika sepulang sekolah atau pada saat di rumah. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran. Sehingga guru diharapkan untuk mampu membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang melibatkan orang tua dan siswa di rumah.


Download Buku Guru K13 Kelas 3 SD/MI Semester 2

  1. Buku Guru Tema 5 : Cuaca
    Download Buku
  2. Buku Guru Tema 6 : Energi dan Perubahannya
    Download Buku
  3. Buku Guru Tema 7 : Perkembangan Teknologi
    Download Buku
  4. Buku Guru Tema 8 : Praja Muda Karana
    Download Buku
Demikian Buku Guru K13 Kelas 3 SD/MI Semester 2 yang Admin peroleh dari bukupaket.com (sumber: https://www.bukupaket.com/2018/12/buku-kelas-3-kurikulum-2013-semester-2.html) dan Admin bagikan, dan semoga dengan adanya buku ini dapat membantu Bapak atau Ibu Guru dalam melakukan pencarian tentang Buku Guru K13 Kelas 3 SD/MI Semester 2.

Post a Comment

0 Comments