Ikuti Kegiatan Bantu Guru Melihat Dunia Selama Satu Minggu di Jepang

Turut menginformasikan oleh Admin Pena Guru Dasar bahwa Tahun 2019, PPI Dunia membuka kesempatan bagi Bapak atau Ibu Guru Dikdas jenjang Sekolah Dasar dan Sekolah Menengah Pertama yang ingin turut serta dalam Program BGMD 2019. Proses peserta yang hendak mengikuti kegiatan ini yaitu melalui proses seleksi. Bagi peserta yang dinyatakan lolos melalui seleksi akan berada di Jepang selama 1 (satu) minggu.

Selama 1 minggu di sana, Bapak atau Ibu Guru Dikdas akan tinggal bersama orang Jepang dan tentunya akan ditemani pendamping pelajar dari Indonesia. Selain itu peserta yang ikut akan belajar mengenal bagaimana sistem pendidikan di sana, guru-guru peserta yang ikut juga dapat mempelajari budaya dan karakteristik masyarakat Jepang secara langsung.

Sebelum Syarat Pendaftara BGMD 2019 Admin jelaskan, alangkah baiknya kita mengetahui, Apa sih PPI itu? Dan apa pula BGMD?

PPI kepanjangan dari Perhimpunan Pelajar Indonesia yang didirikan atas dasar kesadaran untuk ikut membangun dan memajukan pendidikan di tanah air kita sesuai dengan Pembukaan Undang-undang Dasar 1945 yakni Mencerdaskan Kehidupan Bangsa. Sedangkan BGMD adalah singkatan dari Bantu Guru Melihat Dunia yang merupakan program pemberangkatan guru di daerah luar negeri yang bertujuan untuk mempelajari sistem pendidikan.

Ikuti Kegiatan Bantu Guru Melihat Dunia Selama Satu Minggu di Jepang

Berikut Syarat Pendaftaran BGMD 2019.
  1. Terbuka untuk WNI Pria/Wanita dengan usia 25-40 tahun.
  2. Latar belakang pendidikan minimal S1 dengan minimal Indeks Prestasi Kumulatif di atas 3,00 pada skala 4,00.
  3. Guru Sekolah Dasar (atau yang setara), atau Guru Sekolah Menengah Pertama (SMP).
  4. Memiliki pengalaman mengajar di jenjang pendidikan formal selama tiga tahun.
  5. Sehat jasmani dan rohani, serta bebas narkoba (ditandai dengan surat keterangan sehat dan bebas narkoba dari instansi kesehatan resmi).
  6. Mendapatkan (minimal satu) surat rekomendasi dari atasan bagi yang sedang bekerja, atau rekomendasi dari tokoh masyarakat bagi yang belum/tidak sedang bekerja.
  7. Mendapatkan surat pernyataan bahwa pimpinan institusi pendidikan di mana calon peserta mengajar mengijinkan guru yang bersangkutan untuk mengikuti kegiatan apabila calon peserta diterima.
  8. Bersedia menandatangani surat pernyataan sebagaimana terlampir yang menyatakan bahwa pendaftar: a) Tidak sedang menerima/akan menerima beasiswa program dari sumber lain; b) Tidak terlibat dalam aktivitas/tindakan yang melanggar hukum, atau mengikuti organisasi yang bertentangan dengan ideologi Pancasila; c) Membagikan ilmu serta pengetahuan yang didapat selama program berjalan kepada rekan-rekan guru di Indonesia dalam bentuk apa pun; d) Bekerja sama dengan pihak panitia BGMD 2019 dalam rangka mempublikasikan hasil dari program BGMD ke khalayak umum, terkhusus rekan-rekan guru atau pendidik di Indonesia.
  9. Membuat video pendek dengan rincian sebagai berikut:
  10. Diambil dengan mode landscape;
  11. Durasi maksimal 3 menit;
  12. Berisi perkenalan mengenai diri dan motivasi mengikuti BGMD;
  13. Mengunggah video di akun media sosial masing-masing (dengan tagar #BGMD2019), kemudian me-mention akun media sosial PPI Dunia;
  14. Mengirimkan link video ke form pendaftaran bersamaan dengan pengiriman berkas-berkas terlampir.
  15. Memiliki keahlian dalam kesenian/budaya Indonesia (tarian tradisional, beladiri tradisional, nyanyian tradisional, permainan tradisional, dll).

Untuk mengetahui informasi lengkap tentang proses pendaftaran, seleksi, dan lain-lain tentang Kegiatan Bantu Guru Melihat Dunia Selama Satu Minggu di Jepang yang mulai proses pendaftaran tanggal 7 April 2019 dan proses kegiatan seleksi akan dilaksanakan hingga 27 April 2019 simak pada laman berikut: http://ppidunia.org/2019/04/07/sekilas-tentang-bgmd/.

Post a Comment

0 Comments