SK Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah dan Praktik

Dalam rangka tertib administrasi di sekolah dan sebagai bentuk kelancaran sebuah kegiatan pelaksanaan Ujian Sekolah dan pelaksanaan Ujian Praktik sudah tentu di atur dalam sebuah keputusan, namun untuk mengawali keputusan tersebut biasanya terlebih dahulu kepala lembaga selaku pimpinan di sekolah pastinya akan mengadakan rapat dalam membentuk dan menentukan susunan panitia pelaksanaan.

Hasil rapat yang dilaksanakan akan dituangkan dalam sebuah keputusan sehingga dapat dilaksanakan dengan penuh tanggung jawab oleh panitia penyelenggara. Berikut contoh SK Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah dan Praktik di sekolah yang dapat dijadikan referensi dalam tertib administrasi.
  1. Kop Lembaga.
  2. Surat Keputusan dan Nomor Surat.
  3. Tentang.
    Berisi penjelasan tentang Surat Keputusan.
  4. Menimbang.
    Hasil Rapat Dinas SD Negeri _________ Tanggal 07 April 2019 No 424/00/413.000.00.0000/2019 Tentang Persiapan Kegiatan Ujian Praktek, US, USBN, dan Pertemuan Wali Murid Tahun Pelajaran 2018/2019.

    Sebagai bahan pelaksanaan Ujian Sekolah di SD Negeri _________ tahun pelajaran 2018/2019, maka perlu membentuk susunan panitia pelaksanaan Ujian Sekolah SD Negeri _________ tahun pelajaran 2018/2019
  5. Mengingat.
    Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

    Peraturan Pemerintah Republik Nomor 32 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

    Peraturan Badan Standar Nasional Pendidikan Nomor: 0048/BSNP/XI/2018 Tentang Prosedur Operasional Standar Penyelenggara Ujian Sekolah Berstandar Nasional Tahun Pelajaran 2018/2019.
  6. Memperhatikan.
    Hasil keputusan Rapat Kepala Sekolah dan Dewan Guru SD Negeri _________.
  7. Menetapkan.
    Pertama: Menunjuk dan menugaskan beberapa guru sebagai panitia Pelaksanaan Ujian Sekolah (US) dan Ujian Praktik SD Negeri _________ Tahun Pelajaran 2018/2019 untuk mengatur, melaksanakan dan mengendalikan  Penyelenggaraan Ujian Sekolah.

    Kedua: Pembagian Tugas Panitia Pelaksanaan Ujian Sekolah di SD Negeri _________ bagi setiap Guru tersebut tertuang dalam daftar Lampiran I, II dan III dalam surat keputusan ini.

    Ketiga : Segala biaya yang timbul akibat dikeluarkannya Keputusan ini dibebankan pada anggaran sekolah maupun sumber lain yang sah berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

    Keempat : Apabila dikemudian hari ternyata terdapat kekeliruan  dalam keputusan  ini akan diadakan perbaikan sebagaimana mestinya.

    Kelima : Keputusan ini mulai berlaku sejak tanggal ditetapkannya surat keputusan ini, sampai dengan tanggal 00 April 2019.
SK Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah dan Praktik
Sedangkan untuk Lampiran-lampiran, baik Lampiran I (Susunan Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah), Lampiran II (Jadwal Pelaksanaan Ujian Praktik), dan Lampiran III (Jadwal Pengawas Ujian Sekolah) dapat disesuaikan dengan kondisi di masing-masing lembaga jenjang satuan pendidikan Sekolah Dasar.

Semoga, dengan adanya SK Panitia Penyelenggara Ujian Sekolah dan Praktik yang dapat di unduh dapat dipergunakan sebagai bahan referensi dalam menyusun tata tertib administrasi di sekolah.

Post a Comment

0 Comments