Aplikasi Edukasi Belajar Siswa Media Teka Teki Silang (Crossword)

Perkembangan Teka Teki Silang (Crossword)


Selamat sore sahabat Pena Guru Dasar, seperti yang kita ketahui bersama, teka-teki silang merupakan suatu permainan yang dapat dimainkan oleh siapa saja, di mana kita harus mengisi ruang-ruang kosong (berbentuk kotak) dengan mengisikan huruf-huruf yang membentuk sebuah kata berdasarkan petunjuk yang diberikan dan pada perkembangannya, teka-teki silang ini juga ditujukan untuk pembuatan soal-soal yang jawabannya juga dapat diisikan dengan angka. Bentuk pengisian yang dapat dilakukan oleh Si Pengisi biasa dibagi ke dalam kategori "mendatar" atau "menurun". Dimana teka-teki silang ini awal mulanya di ciptakan oleh Arthur Wynne pada 2 Desember 1913. Athur Wynne adalah seorang editor dan pembuat permainan teka-teki di Britania dan Amerika Serikat. Ia dikenal sebagai penemu teka-teki silang pada tahun 1913.

Seiring berjalannya waktu, TTS (Teka Teki Silang) ini muncul di Indonesia pada tahun 1970-an tepatnya di Jakarta dengan terbitnya "Asah Otak" pada sebuah majalah TTS dan berbagai teka-teki lainnya dan hingga saat ini TTS masih dapat kita rasakan bersama. (Sumber TTS). 

Berkembangnya era digital saat ini, terasa perlu untuk mengembangkan TTS (Teka Teki Silang), sehingga dapat dipergunakan dalam dunia pendidikan, apalagi usia peserta didik saat ini rata-rata jarang mengenal tentang apa itu Teka Teki Silang (TTS) dan pastinya peserta didik akan lebih tertarik, senang dan menarik untuk lebih giat dalam belajar.

Meski Aplikasi Teka Teki Silang (Crossword) terbilang sudah lama, namun ini merupakan hal baru bagi Admin yang dapat dibagikan kepada Bapak atau Ibu Guru, sehingga Guru mampu berkreasi dan dapat menerapkan metode-metode baru dalam mengajar atau melaksanakan kegiatan evaluasi dengan mudah untuk menarik minat siswa-siswi, apalagi ditunjang dengan adanya aplikasi yang dapat dipergunakan dengan mudah dalam membuat, menyusun, dan mencetak teka-teki silang yang sudah dibuat sehingga minat siswa untuk belajar menjadi meningkat.

Aplikasi Edukasi Belajar Siswa 

Aplikasi Edukasi Belajar Siswa Media Teka Teki Silang ini dapat dipergunakan untuk semua kelas, namun tentunya Admin pribadi menyarankan untuk dipergunakan pada kelas-kelas tertentu, misalnya kelas atas (kelas 4, 5, dan 6) atau bahkan dapat juga dipergunakan untuk jenjang yang lebih tinggi. Penggunaan softwere ini dapat pula dipergunakan sebagai bahan edukasi belajar atau dapat juga dipergunakan sebagai bahan evaluasi ketika materi yang disampaikan oleh guru dalam bab tertentu telah selesai.

Tidak hanya itu saja, kegiatan evaluasi sendiri dapat dilaksanakan dirumah dengan bimbingan orang tua atau wali, yang kita kenal dengan PR (pekerjaan rumah), sehingga dalam kegiatan tersebut terdapat unsur nilai utama tersendiri dirumah ketika orang tua atau wali tersebut menerapkan gerakan 1821, sehingga antara orang tua atau wali dan anak dapat saling bermain, bicara, dan belajar, . 

Cara Unduh dan Instal Aplikasi Edukasi Belajar Siswa Media Teka Teki Silang (Crossword). 

Aplikasi ini Admin peroleh dari Suhadi Mukhan, melihat cara instal dan penggunaannya yang begitu mudah sehingga dapat di instal di Netbook, Laptop, dan komputer bapak atau ibu guru.

Waktu yang relatif singkat dalam menggunakan aplikasi ini, tinggal memasukkan pertanyaan dan kata jawaban, maka bapak atau ibu guru langsung dapat mencetak dan membagikan kepada peserta didik yang ada.

Unduh dan Instal Aplikasi

  1. Unduh kemudian instal Edukasi Belajar Siswa Media Teka Teki Silang (Crossword).
  2. Simpan hasil unduhan dan letakkan pada Drive yang di inginkan.
  3. Klik kanan dan tekan Instal.
  4. Tekan Next pada pilihan yang tersedia.
  5. Pilih I Agree dan kemudian tekan Next
  6. Tekan Next pada Folder instalasi.
  7. Tekan Next untuk memulai instalasi.
  8. Tunggu instalasi berjalan untuk memulai aplikasi, kemudian tekan Next.
  9. Tekan Close untuk keluar pada aplikasi yang sudah sukses terinstal.

Cara Membuat Aplikasi Edukasi Belajar Siswa Media Teka Teki Silang (Crossword)

  1. Klik Start pada layar dan cari EclipseCrossword, kemudian klik aplikasi tersebut.
  2. Setelah program tersebut terbuka, pilih I would like to start a new crossword, kemudian tekan tombol Next.
  3. Berikutnya anda akan dialihkan ke halaman selanjutnya. Silakan pilih Let me create a word list from scratch now, lalu klik tombol Next. Perhatikan gambar berikut.
  4. Halaman selanjutnya tinggal mengisikan Kunci Jawaban dan Petunjuk Pertanyaan.
  5. Ketik jawaban yang bapak atau ibu guru inginkan pada kotak "Word" dan ketik soal pada kotak "Clue for this word", jika sudah terisi, langkah selanjutnya klik tombol "Add word to list".

    Ulangi proses ini sesuai yang bapak atau ibu guru inginkan. Jawaban pertanyaan akan berada pada kotak sebelah kiri. Tips: Masukkan kata-kata dengan jumlah huruf bervariasi. Gunakan istilah-istilah khusus dalam mata pelajaran yang Bapak/Ibu ajarkan. Tidak ada batasan jumlah kata, tetapi sebaiknya cukup banyak untuk membuat TTS anda terlihat bagus dan rapat (kata-kata saling bersilang).
  6. Jika pertanyaan yang dimasukkan sudah dianggap selesai, langkah selanjutnya, biarkan kosong kotak "Word" dan kotak "Clue for this word" kemudian tekan Next dan layar bapak atau ibu guru akan tertampil jendela Pop Up.
  7. Beri nama pada TTS yang sudah bapak ibu guru buat pada kotak "Name of this crossword" dan kotak "Your name", Admin membuat contoh pada Materi IPA, yaitu Evaluasi Kelas 6 IPA BAB I Ciri Khusus Makhluk Hidup dan Lingkungan Hidupnya.

    Biar mudah, samakan saja antara kotak "Name of this crossword" dan kotak "Your name". Kemudian tekan Next.
  8. Selanjutnya akan muncul halaman untuk menentukan ukuran TTS (teka teki silang). Secara default ukurannya adalah tinggi 25 huruf dan lebar 25 huruf. Tetapi anda dapat menyesuaikannya berdasarkan selera anda. Perhatikan gambar berikut. Lalu klik tombol Next.
  9. Halaman selanjutnya yaitu mengubah bentuk teka-teki silang sesuai yang di inginkan oleh bapak atau ibu guru.

    Klik Options untuk melakukan pengaturan tambahan dan klik Next untuk melanjutkan.
  10. Untuk memudahkan bapak atau ibu guru dalam melakukan proses pencetakan (print), Admin sarankan untuk memilih menu "Save as a web page". Lalu pilih "Empty grid and clues".
  11. Tampilan layar akan muncul jendela baru untuk anda menyimpan file TTS anda dalam bentuk html file. Kemudian beri nama dan selanjutnya klik "Save". File html ini dapat anda buka dengan browser Mozilla Firefox, Internet Explorer, Google Chrome, Opera, dsb. Dari browser inilah bapak atau ibu guru akan proses pencetakan dan melakukan pengaturan pencetakan dengan mudah.
    Simak gambar berikut.
  12. Berikut ontoh gambar TTS (teka-teki silang) yang akan tercetak untuk peserta didik.
  13. Jika bapak atau ibu guru menginginkan hasil cetakan TTS yang sudah terisi jawaban, maka simak pada gambar berikut.
    Gambar 13.1
    Gambar 13.2
Dengan adanya Aplikasi Edukasi Belajar Siswa Media Teka Teki Silang (Crossword) ini, semoga menjadi salah satu bahan rujukan dan dapat menambah serta mempermudah bapak atau ibu guru dalam membuat bahan evaluasi, silahkan kembangkan atau kreasikan aplikasi yang sudah tersedia.

Salam Edukasi

Post a Comment

0 Comments