Buku Siswa K13 Kelas 6 SD/MI Semester 2

Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013

Buku tematik terpadu kurikulum 2013 ini menjabarkan tentang proses kegiatan pembelajaran yang akan membantu siswa dalam mencapai setiap kompetensi serta dirancang untuk mengembangkan kompetensi siswa dalam ranah pengetahuan, keterampilan, dan sikap secara utuh. Harapannya agar proses pembelajaran yang dilaksanakan oleh guru dapat melalui pembelajaran aktif, kreatif, menantang, dan bermakna serta mendorong mereka untuk berpikir kritis berlandaskan kepada nilai-nilai luhur.


Proses Kegiatan

Proses kegiatan pembelajaran tematik terpadu tersebut tak bisa lepas dari peran seorang guru, dimana peran guru sangat penting dalam mengembangkan, meningkatkan dan menyesuaikan daya serap siswa sehingga guru dapat mengembangkan metode-metode yang ada atau terbarukan dan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dengan daya kreasi dalam bentuk kegiatan-kegiatan lain yang relevan dan disesuaikan dengan potensi peserta didik di sekolah masing-masing.
Kegiatan pembelajaran pada buku siswa tematik terpadu kurikulum 2013 kelas 6 SD/MI semester 2 ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan). Melalui aktivitas peserta didik yang bervariasi guru dapat:
  1. Membuka pelajaran yang menarik perhatian siswa, seperti membacakan cerita, bertanya jawab, bernyanyi, permainan, demonstrasi, memberikan masalah dan sebagainya. 
  2. Menginformasikan tujuan pembelajaran sehingga siswa dapat mengorganisasi informasi yang disampaikan (apa yang dilihat, didengar, dirasakan, dan dikerjakan). 
  3. Memantik pengetahuan siswa yang diperoleh sebelumnya agar siswa dapat mengaitkan pengetahuan terdahulu dan yang akan dipelajari. 
  4. Pemberian tugas yang bertahap guna membantu siswa memahami konsep. 
  5. Penugasan yang membutuhkan keterampilan tingkat tinggi. 
  6. Pemberian kesempatan untuk melatih keterampilan atau konsep yang telah dipelajari. 
  7. Pemberian umpan balik yang akan menguatkan pemahaman siswa.

Tentang Buku Siswa K13 Kelas 6 SD/MI Semester 2

Buku Siswa K13 Kelas 6 SD/MI Semester 2, merupakan buku panduan sekaligus buku aktivitas yang akan memudahkan para siswa terlibat aktif dalam pembelajaran, dimana Buku Siswa ini dilengkapi dengan penjelasan lebih rinci tentang isi dan penggunaan
buku sebagaimana dituangkan dalam Buku Panduan Guru.

Kegiatan pembelajaran yang ada di Buku Siswa lebih merupakan contoh yang dapat dipilih guru dalam melaksanakan pembelajaran. Guru diharapkan mampu mengembangkan ide-ide kreatif lebih lanjut dengan memanfaatkan beberapa kegiatan yang ditawarkan di dalam Buku Guru atau mengembangkan ide-ide pembelajaran sendiri, dan pada semester 2 terdapat 4 tema. Tiap tema terdiri atas 3 subtema yang diuraikan ke dalam 6 pembelajaran. Satu pembelajaran dialokasikan untuk 1 hari. Tiga subtema yang ada direncanakan selesai dalam jangka waktu 3 minggu. Pada minggu ke-4 diisi dengan berbagai kegiatan yang dirancang sebagai aplikasi dari keterpaduan gagasan pada subtema 1-3. Untuk kegiatan pada minggu terakhir, diarahkan untuk mengasah daya nalar dan kemampuan berpikir tingkat tinggi.


Struktur penulisan buku dapat memfasilitasi pengalaman belajar bermakna yang diterjemahkan melalui subjudul Ayo Cari Tahu, Ayo Belajar, Ayo Berlatih, Ayo Amati, Ayo Lakukan, Ayo Renungkan, Ayo Kerjakan, Ayo Mencoba, Ayo Diskusikan, Ayo Menulis, Ayo Berkreasi, dan Ayo Bernyanyi.

Buku ini dapat digunakan oleh orang tua secara mandiri untuk mendukung aktivitas belajar siswa di rumah, sehingga di setiap akhir pembelajaran, terdapat kegiatan untuk orang tua yang berjudul Kerjasama dengan Orang Tua. Kegiatan ini berisi, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua dapat belajar dari lingkungan. Orang tua diharapkan berdiskusi dan terlibat dalam aktivitas belajar siswa.

Buku Siswa ini berbasis kegiatan (activity based) sehingga memungkinkan bagi para siswa dan guru untuk melengkapi materi dari berbagai sumber. Guru dan siswa dapat mengembangkan dan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan sekolah, guru, dan siswa. Pengembangan dan atau penambahan kegiatan dimaksudkan untuk memberikan pemahaman lebih kepada siswa terhadap pengetahuan yang dipelajari, keterampilan yang dilatih, dan sikap yang dikembangkan. Di rumah, orang tua bersama siswa dapat mengembangkan atau menambah kegiatan sesuai kondisi dan kemampuan orang tua dan siswa.

Peran Orang Tua

Secara khusus, di setiap awal tema Buku Siswa, terdapat lembar belajar di rumah. Halaman tersebut berisi tentang materi yang akan dipelajari, aktivitas belajar yang dilakukan anak bersama orang tua di rumah, serta saran agar anak dan orang tua dapat belajar dari lingkungan.
Orang tua diharapkan untuk mampu berdiskusi dan terlibat dengan aktivitas belajar anak ketika sepulang sekolah atau pada saat di rumah. Saran-saran untuk kegiatan bersama antara siswa dan orang tua dicantumkan juga pada setiap akhir pembelajaran. Sehingga guru diharapkan untuk mampu membangun komunikasi dengan orang tua sehubungan dengan kegiatan pembelajaran yang melibatkan orang tua dan siswa di rumah.

Download Buku Siswa K13 Kelas 6 SD/MI Semester 2

  1. Tema 6 : Menuju Masyarakat Sejahtera
    Download Buku
    Download Cover
  2. Tema 7 : Kepemimpinan
    Download Buku
    Download Cover
  3. Tema 8 : Bumiku
    Download Buku
    Download Cover
  4. Tema 9 : Menjelajah Angkasa Luar
    Download Buku
    Download Cover

Post a Comment

0 Comments