Buku 1 Pedoman Guru Tahun 2016 - PKG Dalam Mendukung PPGP

Tentang Buku 1

Pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi guru pembelajar (PPGP) merupakan salah satu bagian penting dari proses pengembangan profesionalisme guru yang diperlukan untuk memberikan layanan pendidikan yang berkualitas dan secara individu untuk peningkatan kariernya. Pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru pembelajar (PPGP) wajib dilaksanakan oleh semua guru karena selain untuk peningkatan dan pengembangan profesionalitas guru, juga diperhitungkan sebagai salah satu unsur utama dalam peningkatan jenjang jabatan fungsional guru.

Oleh sebab itu, pelaksanaan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru pembelajar (PPGP) perlu dilakukan secara sistematis, terstruktur dan dapat dipertanggungjawabkan dengan melibatkan semua pihak terkait.

Kemendikbud melalui Dirjen GTK telah menerbitkan Buku 1 sebagai upaya Pembinaan dan Pengembangan Profesi Guru tersebut. Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Bagi Guru Pembelajar (PPGP) adalah pengembangan kompetensi guru yang dilaksanakan sesuai dengan kebutuhan, secara bertahap, berkelanjutan untuk meningkatkan profesionalitas guru. Dengan demikian, guru dapat memelihara, meningkatkan, dan memperluas pengetahuan dan keterampilannya untuk melaksanakan proses pembelajaran secara profesional, sehingga pembelajaran yang berkualitas diharapkan mampu meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap peserta didik.


Isi Buku 1


Buku 1 ini berisi tentang Pedoman Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB) Guna Mendukung Pengembangan Profesi Guru Pembelajar (PPGP) dan menjadi dasar dalam pengelolaan pengembangan keprofesian berkelanjutan bagi guru pembelajar (PPGP) di sekolah, KKG, MGMP, MGBK, KKKS, dan MKKS.



Buku 1 ini memuat:
  1. Pendahuluan
  2. Pengertian dan Lingkup Pengembangan Profesi Bagi Guru Pembelajar
  3. Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Bagi Guru Pembelajar.
  4. Monitoring, Evaluasi dan Pelaporan Pelaksanaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Bagi Guru Pembelajar.
  5. Penutup.
  6. Daftar Gambar, dan
  7. Daftar Lampiran.
Isi pemuatan buku di atas merupakan penjelasan secara ringkas tentang isi buku dan bagaimana mengelola PPGP, sehingga diharapkan dapat memudahkan pemahaman tentang pelaksanaan PPGP serta menjadi acuan bagi semua pemangku kepentingan pendidikan yang terkait dengan kebijakan, sehingga pengembangan keprofesian berkelanjutan guna mendukung pengembangan profesi bagi guru pembelajar (PPGP) dapat diselenggarakan sesuai dengan Peraturan.

Dengan demikian guru memperoleh kesempatan untuk melakukan pengembangan keprofesian secara berkelanjutan sehingga PPGP diharapkan dapat memperkecil jarak antara pengetahuan, keterampilan, kompetensi sosial dan kepribadian yang mereka miliki sekarang dengan apa yang menjadi tuntutan dimasa depan.

Simak Buku 1

Simak Buku 1 tentang Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Bagi Guru Pembelajar (PPGP) dibawah ini:


Download Buku 1

Untuk lebih jelasnya tentang Pengelolaan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan Guna Mendukung Pengembangan Profesi Bagi Guru Pembelajar (PPGP), silahkan Download Buku 1 Pedoman Guru Tahun 2016 - PKG Dalam Mendukung PPGP.

Semoga bermanfaat.

Post a Comment

0 Comments