Buku Panduan Petugas Pendataan Dapodikdasmen V 2019.c

Dengan dirilisnya Aplikasi Dapodikdasmen Versi 2019.c pada Tahun Ajaran 2018/2019 semester genap maka dirilis pula Buku Panduan Petugas Pendataan Dapodikdasmen V 2019.c oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Sehubungan dengan Sistem pendataan Dapodikdasmen sebelumnya pada tahun pelajaran 2018/2019 yang telah berakhir maka pada tahun 2019 ini Aplikasi Dapodikdasmen mengembangkan pembaruan versi terbaru yang diberi nama versi 2019.c. 

Secara sistem, pembaruan versi 2019.c disiapkan untuk dapat memenuhi kebutuhan pemanfaatan data di semester genap ini. Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c dikemas dalam bentuk installer dan proses regristasinya dapat dilakukan menggunakan sisten online ataupun offline, sehingga pada tahap proses pelaksanaan perlu dilakukan uninstal terlebih dahulu pada aplikasi Dapodik versi sebelumnya.

Buku Panduan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c yang telah diterbitkan semoga menjadi bahan Buku Panduan Petugas Pendataan Dapodikdasmen V 2019.c dalam menjalankan aplikasi ini dan dimaksudkan untuk memberikan kemudahan kepada petugas pendataan dan warga sekolah yang hendak mengimplementasikan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c secara mandiri di sekolah.

Buku Panduan Petugas Pendataan Dapodikdasmen V 2019.cMelalui Buku Panduan Petugas Pendataan Dapodikdasmen V 2019.c ini, diharapkan hal-hal yang terkait dengan materi seputar implementasi Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c dapat dipahami dan dimaknai dengan mudah sehingga proses sinkronisasi bisa dengan mudah untuk dikirim ke sistem.

Buku Panduan Aplikasi Dapodikdasmen versi 2019.c memuat pengenalan dan panduan teknis Aplikasi, mulai dari persiapan dan proses instalasi serta deskripsi dari setiap perbaikan dan perubahan dan tentu untuk menyamakan persepsi, melalui buku panduan ini dapat memberikan pemahaman serta memberikan pedoman yang jelas dalam proses tata cara penginputan dalam pembaharuan yang terdapat dalam aplikasi dapodikdasmen versi 2019.c.

Pembaruan yang paling menonjol diantaranya penambahan validasi untuk pengisian NIK pada tabel peserta didik dan GTK, perbaikan data GTK hanya dapat dilakukan oleh GTK yang bersangkutan menggunakan akun masing-masing, penguncian isian jenis kelamin dan NIK pada tabel GTK dan peserta didik, dan beberapa perbaikan lainnya dalam rangka menyempurnakan aplikasi versi sebelumnya. Isi yang paling banyak pada buku ini adalah BAB III tentang Deskripsi Perubahan, untuk itu Petugas Pendataan dapat membaca terlebih dahulu sebelum melakukan proses instalasi.

Sebelumnya, unduh Buku Panduan Petugas Pendataan Dapodikdasmen V 2019.c dan untuk selanjutnya selamat bertugas dan selamat bekerja dalam mensukseskan pendataan.

Post a Comment

0 Comments