Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 Tahun 2018

Pada postingan kali ini saya akan berbagi Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 Tahun 2018 jenjang SD/MI yang bisa anda unduh secara gratis. Kegiatan pembelajaran di Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 Tahun 2018 ini didesain untuk mengembangkan kompetensi (sikap, pengetahuan, dan keterampilan) siswa melalui aktivitas yang bervariasi.

Pada Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 Tahun 2018 ini terdapat 5 (lima) materi yang nantinya akan diajarkan selama 1 (satu) semester di Tahun Pelajaran 2018/2019, yang meliputi:
  1. Bilangan Bulat
    Di kelas sebelumnya siswa telah belajar banyak tentang operasi perkalian dan pembagian pada bilangan bulat positif. Dalam konteks perkalian dan pembagian dengan objek bilangan bulat positif secara umum mudah untuk dipahami bahwa perkalian mengakibatkan kuantitas bertambah banyak (berkali lipat), sedangkan pembagian mengakibatkan kuantitas berkurang (terbagi). Apakah hal tersebut juga berlaku pada operasi perkalian dan pembagian pada bilangan pecahan? Untuk mendapatkan jawabannya, guru mengajak siswa mempelajari lebih lanjut tentang perkalian dan pembagian dengan objek bilangan pecahan.
  2. Operasi Hitung Campuran
    Di kelas sebelumnya siswa sudah belajar tentang operasi hitung bilangan cacah. Siswa juga pernah belajar tentang operasi hitung pecahan. Operasi hitung tersebut meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian. Siswa juga sudah mengenal sifat komutatif dan sifat asosiatif penjumlahan atau perkalian. Bagaimana jika dalam sebuah soal terdapat lebih dari satu operasi hitung? Misalnya penjumlahan dan perkalian, penjumlahan dan pembagian, pengurangan dan perkalian, atau bahkan penjumlahan, pengurangan, perkalian, dan pembagian sekaligus.
  3. Lingkaran
    Lingkaran adalah salah satu bentuk bangun datar yang banyak dijumpai di sekitar kita. Pada bab ini siswa akan mempelajari unsur-unsur lingkaran, seperti jari-jari, diameter, titik pusat, busur, juring, tembereng, dan tali busur. Siswa juga akan mempelajari tentang keliling dan luas lingkaran. Pengetahuan tentang lingkaran dapat banyak diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Misalnya untuk menentukan jarak rumah ke sekolah dengan menghitung  banyaknya putaran roda sepeda.
  4. Geometri Ruang
    Sebuah bangun ruang, dalam konteks geometri ruang, adalah himpunan semua titik, garis, dan bidang dalam ruang berdimensi tiga yang terletak dalam bagian tertutup beserta seluruh permukaan yang membatasinya.
  5. Statistika
    Statistika adalah ilmu yang mempelajari bagaimana merencanakan, mengumpulkan, menganalisis, menginterpretasi, dan mempresentasikan data. Singkatnya, statistika adalah ilmu yang berkenaan dengan data.
Unduh Buku Guru Matematika Kurikulum 2013 Kelas 6 Semester 1 Tahun 2018.

Simak Juga: 

Post a Comment

0 Comments