Download Cara Pelaporan Pajak SPT

Sebagai guru, sudah tentu dan tanpa terkecuali kita diwajibkan memiliki NPWP (Nomor Wajib Pajak) yang digunakan untuk melaporkan pajak setiap tahunnya. Nomor Pokok Wajib Pajak yang disingkat dengan NPWP adalah nomor yang diberikan kepada wajib pajak (WP) sebagai sarana dalam administrasi perpajakan yang dipergunakan sebagai tanda pengenal diri atau identitas wajib pajak dalam melaksanakan hak dan kewajiban perpajakannya.

Pada akhir tahun, sebagai guru sudah pasti bersiap-siap melaporkan pemerolehan yang diterima dan dilaporkan pajaknya baik secara online atau offline dengan mengunjungi Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama yang berada di masing-masing Kabupaten atau Kota.

Penyampaian pajak secara online dapat dilakukan melalui e-Filling. e-Filing sendiri merupakan langkah tercepat untuk melakukan proses lapor pajak secara online dalam penyampaian SPT (Surat Pemberitahuan) melalui saluran pelaporan pajak elektronik atau online yang telah ditetapkan oleh DJP (Direktorat Jenderal Pajak) pada Peraturan Direktorat Jenderal Pajak. e-Filing atau lapor pajak online ini juga dapat mengurangi antrian di Kantor Pelayanan Pajak (KPP) yang selalu diramaikan oleh masyarakat yang ingin menunaikan kewajiban mereka untuk mengurus perpajakan apalagi guru yang sudah disibukkan dengan segala aktivitas mengajar dikelasnya.

SPT atau Surat Pemberitahuan Tahunan adalah surat yang oleh Wajib pajak digunakan untuk melaporkan penghitungan dan atau pembayaran pajak, objek pajak dan atau bukan objek pajak dan atau harta dan kewajiban, menurut ketentuan peraturan perundang-undangan perpajakan.

Singkatnya yaitu cara penyampaian SPT atau Surat Pemberitahuan Tahunan secara elektronik yang dilakukan secara online dan realtime melalui internet pada website DJP www.djponline.pajak.go.id atau ASP (Aplication Service Provider/Penyedia Jasa Aplikasi).

Kemenkeu sendiri sudah menerbitkan 2 (dua) tutorial pelaporan surat pemberitahuan melalui e-Filling dan E-Filing SPT 60 juta ke atas dengan Formulir. Melalui 2 berkas ini, selaku guru dapat mendownload cara pelaporan pajak SPT sehingga dapat memudahkan guru dalam melaporkan pajaknya tanpa harus antri.

Download Cara Pelaporan Pajak SPT

Sebagai bahan informasi, Admin Pena Guru Dasar akan membagikan bagaimana cara melakukan penyampaian SPT atau Surat Pemberitahuan Tahunan secara elektronik yang dapar dilakukan secara online dengan: Download Cara Pelaporan Pajak SPT yang dapat di lihat pada informasi di bawah ini:
  1. Tutorial Pelaporan Surat Pemberitahuan Melalui e-Filling
  2. E-Filing SPT 60 Juta Ke Atas Dengan Formulir
Download:
  1. Tutorial Pelaporan Surat Pemberitahuan Melalui e-Filling
    Download
  2. E-Filing SPT 60 Juta Ke Atas Dengan Formulir
    Download
Dengan mengunduh arsip di atas, maka Bapak atau Ibu Guru dapat menggunakan sebagai acuan dalam melakukan Pelaporan Pajak SPT.

Post a Comment

2 Comments